Senin, 12 November 2012

Tempat Bersejarah

Ketika dilihat, Papua adalah daerah yang kaya raya akan sumber daya alam, walaupun sekaya itu  orang Papua sendiri tetap belum merasakan kekayaan. Lantas siapa yang merasakan kekayaan itu? dimana digunakan kekayaan itu? dan kemana kekayaan itu pergi?
Bisa dibilang, kekayaan itu ada pada orang Papua sendiri dan bisa juga dibilang ada pada orang lain, namun, apakah itu betul? 
Pertanyaan-pertanyaan ini sangat memprihatinkan, sehingga tidak ada jawaban yang pasti untuk orang Papua, apa yang sebenarnya harus dilakukan ataukah pilih diam, ketimbang menyuarakan? 
Ketidakpastian ini akan terus ada, dan terus menerus akan dirasakan, sebagaimanapun persoalannya ini Papua, semua mata tertuju kepadanya untuk melirik apa yang terkandung didalamnya.
Dengan segala penderitaan ini, pasti ada jalan, namun siapa yang menentukan jalan itu? Jawaban dari penulis adalah orang Papua sendiri. Mengapa saya katakan demikian? karena segala sesuatu ditentukan oleh kita untuk kita yang artinya orang Papua menentukan jalannya sendiri, mau bangkit atau tidak semuanya kembali kepada orang Papua.
contoh secara detail : "Saya kalau lapar, pasti saya membutuhkan makan untuk mengenyangkan perut saya, jika tidak ada makanan, pasti saya akan berusaha akan mencarinya, ketika saya butuh sesuatu untuk membelinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar